17 Agt 2011

Inilah Ajang Pembuktian Eksistensi ASEAN Blogger Community


Tak dapat dipungkiri sejak awal dibuat blogger, sedikit banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat dari segi sosial dan budaya. Seiring kemajuannya, dunia blogging seolah memiliki magnet tersendiri . Mulai dari gaya penyampaian  berita sampai gaya hidup masyarakat. Nampaknya inilah yang membuat sebagian besar orang mulai mengangap penting keberadaan blog di dunia maya. Hingga saat ini blogger terus mengalami perubahan dari segi kualitas dan kuantitasnya. Inilah juga yang mendasari timbulnya berbagai jenis komunitas Blogger dari tingkat regional bahkan sampai internasional.
Peranan inilah yang mendorong para blogger indonesia untuk membentuk sebuah komunitas blogger regional Asia Tenggara. Tepatnya tanggal 11 Mei yang lalu ASEAN Blogger Comunity didirikan. Apresiasi besarpun disampaikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono ditengah sidang ke 44 ASEAN.


 Harapan besar disampaikan berbagai pihak terutama untuk mendorong hubungan antar rakyat khususnya di Asia Tenggara. Masih prematur jika membicarakan Visi Misi Asean blogger kedepan jika dilihat dari segi usianya. Inilah yang menjadi sebuah ajang pertaruhan dari eksistensi ASEAN Blogger Community. Bukanlah hal sepele untuk menyatukan berbagai ragam dan jenis bahasa dari beberapa negara ASEAN. Mungkin banyak pula yang pesimis akan kelangsungan dari komunitas blogger ASEAN. Bagaimana tidak menyatukan blogger Indonesia saja masih sulit apalagi menyatukan blogger ASEAN ?. Disisi lain masalah kompleks masih menghantui keberlangsungan  blogger ASEAN sendiri. Segi bahasalah yang banyak menjadi sorotan. Tidak hanya di Indonesia bahkan di negara ASEAN lain juga mengalami kendala bahasa terutama bahasa inggris. Sudah tidak asing bahwa salah satu faktor penting kekuatan seorang blogger terletak pada segi bahasa. Tak hanya sampai disitu faktor kurang tahu blogger lain tentang komunitas ini juga menjadi kendala dari segi informasi. Tidak semudah membubuhkan tanda tangan itulah yang biasa di analogikan untuk pembentukan ASEAN Blogger Community ini. Seperti halnya awal pembentukan ASEAN dulu yang juga banyak mendapat banyak nada pesimistis yang pada ahirnya dapat dibuktikan dengan  eksistensinya saat ini. Selain untuk menunjang Komunitas ASEAN 2015 butuh lebih banyak peranan  yang harus ditunjukan oleh ASEAN Blogger Community


Saya pernah membaca sebuah rubik di salah satu surat kabar. Dimana disitu ada seorang anak yang sangat ingin menjadi seorang penulis. Dia tidak ingin menjadikan tulisannya sebagai sebuah komersial. Ditengah keterbatasan ekonominya dia mencoba untuk memfotocopykan tulisannya kepada teman-temannya tanpa suatu imbalan.  Dari sini bisa kita lihat niatan untuk komersial dia hanya ingin menyalurkan pemikirannya pada orang lain lewat tulisan. Inilah yang menjadi salah satu motivasi saya untuk bertahan blogging sampai saat ini. Jikalau waktu itu anak tersebut mengetahui dunia bloging maka ia akan memilihnya dan mungkin dia bisa sesukses radityadika dan yang lainnya. Inilah yang menjadi tugas berat  ASEAN Blogger community bagaimana bisa membangkitkan mimpi dan menginpirasi kami mimpi anak-anak ASEAN tentang keindahan dunia bloging.


Memang butuh banyak aspek penunjang untuk maju dan berkembangnya suatu komunitas. Selain dari faktor  internal yang sudah pasti telah di siapkan jauh-jauh hari. Tapi jangan lupa bahwa suatu komunitas juga perlu di dukung dengan member yang loyal. Jelas tidaklah mudah menemukan member yang loyal karena beragam profesi dan kebutuhan yang jelas berbeda. Inilah tugas kedua yang harus di lakukan ASEAN Blogger Community dimana ketika sudah banyak mimpi anak yang tersampaikan lewat dunia blogging maka disinilah kunci utamanya yaitu menjaga konsistensi. Konsistensi disini diartikan dua pihak yaitu antara blogger dan komunitasnya. Biasanya untuk sebuah komunitas hanya manis di awal dan ahirnya hal-hal kecil diabaikan. Misalnya seperti masukan atau saran yang hanya di dengar segelintir orang maka akan fatal akibatnya untuk keberlangsungan konsisteni blogger ASEAN sendiri.


Jika di lihat dari segi informasi ASEAN blogger telah membuat suatu website di http://aseanblogger.com.  Tak dapat dipungkiri bahwa ASEAN Blogger Community salah satunya didukung oleh idblognetwork. Konsistensi Idblognetwork sampai saat ini terus berkembang pesat. Salah satunyapun juga dikarenakan membernya yang loyal dan juga informasi dari satu blogger ke blogger lainya. Mungkin banyak pula blogger yang meragukan apa sih keuntungan gabung di blogger asean. Sesuai dengan yang saya kutip dari websitenya berikut adalah poin-poin yang menjadi  kesepakatan ASEAN Blogger Community.

Pertama, membantu upaya-upaya memperkuat integrasi ASEAN yang bersifat kerakyatan (people centred) dan mendorong interaksi ASEAN dengan masyarakatnya yang lebih mendekatkan mereka satu sama lain.

Kedua, memberikan masukan bagi berbagai kebijakan dan kerjasama pilar-pilar ASEAN bagi peningkatan kepentingan nasional dan kesejahteraan rakyat.

Ketiga, menjembatani komunikasi di antara  blogger dan partisipasi public di antara rakyat di negara-negara ASEAN melalui blog dan sosial media serta kegiatan offline.

Keempat, menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mendorong pelibatan blogger dan masyarakat agar memiliki rasa kepemilikan dan keinginan yang kuat untuk berpartisipasi dalam kerangka kerjasama ASEAN.

Kelima, membentuk sebuah wadah bagi para blogger untuk menampung dan menyampaikan aspirasi serta -melaksanakan  berbagai kegiatan terkait ASEAN yang kami beri nama Komunitas Blogger ASEAN-Indonesia atau ASEAN Blogger Community Chapter Indonesia dengan alamat blog http://aseanblogger.com.  Keanggotaan Komunitas bersifat inklusif, mewakili Komunitas ataupun pribadi.

Dari kesepakatan tersebut saja dapat kita lihat bahwa pembentukan komunitas blogger ASEAN dibuat dengan tidak main-main. Para blog master  Indonesia yang sudah malang melintang di dunia blogging yang menandatangani dengan disaksikan  oleh Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Djauhari Oratmangun.

Untuk kedepanya Semoga Komunitas blogger ASEAN  dapat mensosialisasikan seperti IDblognetwork dengan mendatangi kota-kota khususnya di Indonesia dan melakukan kopdar.  Banyak sekali yang merasa kecewa terkadang dengan dilakukannya kopdar atau yang sejenisnya karena para blogger daerah  harus mendatangi kota kota besar untuk mengikuti acara tersebut. Selain faktor transportasi juga faktor pendidikan yang masih belum memungkinkan untuk mendatangi kota kota tersebut seperti saya yang masih sebagi seorang pelajar. Saya pernah menyimak beberapa kali acara kopdar dan hampir banyak yang berstatus sebagai pelajar. Oleh karena itu dalam proses mensosialisasikan semoga ASEAN Blogger Community memperhatikan faktor kecil seperti ini. Tidak perlu harus seluruh kota di datangi selain faktor financial yang jelas menjadi pertimbangan. Dengan mendatangi kota kota yang dinilai strategis dan banyak terdapat blogger di situlah seharusnya di adakan acara tersebut. Tidak harus melalui kota besar karena toh di kota besar belum tentu pula banyak yang berminat.

Semoga dengan lahirnya ASEAN Blogger Community ini tidak hanya menjadikan kami bermimpi ,bermimpi tentang keindahan sebuah dunia blogging akan tetapi juga dapat membantu apa sih yang selama ini menjadi kendala  besar kami dalam melakukan aktifitas blogging.  Selain itu juga semoga ASEAN Blogger Community dapat membantu mengurangi konten-konten negatif yang ada di dunia maya sampai saat ini. Sudahkah anda mengenal dan menjadi salah satu bagian ASEAN Blogger Community hari ini?.

3 komentar:

  1. Oke, Gan. Ane daftar Asean Blogger sekarang. Makasih info-nya, yaaa.......

    BalasHapus
  2. bagus tuh gan infonya,kudu buruan daftar nih...salam kenal ya gan.

    BalasHapus