21 Jun 2011

Faktor Penting Menuju Better Future of Indonesia Melalui Cyber Education



Lebih dari 2500 karakter  untuk mendiskribsikan kemajuan dunia teknologi saat ini. Mulai dari dunia web sampai dengan teknologi tercanggih saat ini. Saya sudah menggeluti dunia informatika sejak pertama duduk di kelas I SMK jurusan Teknologi Informasi. Sampai saat ini hampir banyak yang meragukan dunia Teknologi komunikasi sebagai prospek bisnis yang sesuai.. Mungkin seseorang menganggap lebih menjanjikan menjadi sarjana Hukum atau yang lainnya dari pada menjadi Teknisi yang berhubungan dengan Teknologi Informasi.

Tapi benarkah Pendidikan Informatika atau Cyber Education berguna untuk pendidikan di Indonesia?.Miris karena banyak siswa di Indonesia yang justru terjebak dengan kemajuan teknologi saat ini. Lebih cenderung kearah negatifnya di bandingkan positifnya. Ibarat mata pisau kemajuan teknologi di mana kita bisa mengambil positifnya maka sukses yang akan kita raih begitu juga sebaliknya.

Banyak aspek yang harus disiapkan  jika bangsa indonesia ingin memperoleh hasil yang maksimal dalam Menuju Indonesia melek dunia teknologi. Tidak hanya fisik dan kecerdasan tetapi juga mental harus menjadi hal utama dalam pendidikan dunia informatika. Hal ini senada dengan yang di terapkan di sekolah saya bahwa ke  jujuran sangat diperlukan, mengapa demikian ?. Inilah alasan utama yang harus dimengerti oleh seluruh masyarakat indonesia agar bisa menuju indonesia lebih melek dunia informasi.  Banyangkan saja jika para generasi muda kita pandai menciptakan aplikasi-aplikasi yang unggul dan handal, jika mental mereka buruk maka akan berakibat fatal bagi kemajuan bangsa ini. Bagaimana tidak virus,malware, spam dan kawan-kawan  akan merajalela dan tumbuh subur di negeri ini. Bukan kemajuan tapi keterpurukan yang akan terus terjadi dinegeri ini.

Janganlah kita hanya menjadi generasi instan yang tinggal menunggu mereka yang berprestasi maka kita akan yang akan menikmati . Tengoklah korea selatan yang dulu sama seperti kita dan kini bisa menjadi macan asia  bersama jepang dalam segala aspek termasuk dunia Teknologi dan Informasi. Saya percaya dan yakin bahwa Indonesia bisa bahkan sangat bisa melebihi pencapaian negara korea selatan dan jepang. Jika banyak orang mengidentikan bahwa satu orang Jepang berarti sama dengan 10 orang indonesia. Tetapi saya mengutip pernyataan Bungkarno berikan aku satu pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan saya yakin Cyber Education bisa membuat indonesia lebih baik jika faktor mental sudah terpenuhi.

2 komentar: