18 Mei 2011

Yuk Lihat Proses Pembuatan Kripik Tempe Khas Malang

Sentra industri tempe Malang terletak di daerah Sanan, Malang, Jawa Timur, keripik tempe adalah jajanan khas asli kota Malang yang telah banyak dikenal dan diminati oleh banyak wisatawan yang pernah berkunjung ke kota Malang karena rasanya yang khas, yakni gurih dan memiliki beraneka cita rasa.
Salah satu warga daerah Sanan, Bapak Hadi Gunawan telah berhasil memproduksi kripik tempe dengan berbagai macam rasa. Usahanya ini telah dirintis mulai tahun 2002 bersama keluarganya.
Keripik tempe dibuat dari bahan pokok yaitu kedelai dijadikan tempe yang bertekstur padat kemudian dipotong tipis, dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung beras dan rempah-rempah, antara lain ketumbar, bawang, kapur, sirih, santan, dan daun jeruk purut sebagai bumbu. Adonan tersebut kemudian digoreng hingga kering, renyah dan gurih. Proses pembuatan keripik tempe ini dilakukan secara tradisionil dan tanpa bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi dan juga higienis.
Berat dalam kemasan tersedia dalam dua macam yaitu 100 gram dan 200 gram. Keripik tempe dikemas dalam plastik yang lumayan tebal sehingga dapat tahan lama, dan dikemas kembali dengan kardus apabila akan dikirim ke luar kota.
Keripik tempe terdiri dari beberapa aneka rasa antara lain: rasa original (rasa asli tanpa tambahan bumbu seasoning powder), rasa balado, rasa barbeque, rasa keju, rasa pedas manis, rasa jagung bakar, rasa jagung manis, dan rasa pizza. 
bagaimana tertarik langsung saja datang ke kota asal kodok kampus Malang Jawa Timur.

5 komentar:

  1. tempe enak gan
    sukses terus produksi tempe dalam negeri ini

    BalasHapus
  2. makanan sehari hari gan hehehe

    BalasHapus
  3. jadi kenpengen makan , , biasanya jadi oleh2 dari kK Yang kuliag di malang

    BalasHapus
  4. ini sih di kota saya juga gan . Saya kan orang malang :)

    BalasHapus