14 Mei 2011

Nostalgia Dengan Es Goyang

Rela Ngantri Demi Es Goyang teng teng teng ya begitulah bunyi yang saya ingat sekali dari bapak-bapak penjual es lilin atau yang biasa di sebut di tempat saya es goyang.Es lilin atau yang dikenal dengan es goyang kini semakin sulit ditemukan di kota-kota besar seperti di malang. Keberadaannya larut dengan jajanan es krim yang semakin populer. Es yang memiliki dominan rasa santan atau variasi rasa coklat, kacang hijau dan strawberi dengan harga yang ekonomis, menjadikan es goyang favorit jajanan es di era 1980 hingga 1990-an.
Lantaran cara membuatnya harus digoyang-goyang, membuat es gurih nikmat itu disebut es goyang. "Disebut es goyang karena cara membuatnya memang mesti digoyang-goyang terlebih dahulu biar es didalamnya cepat jadi," tutur pedagang es goyang.
Harga es goyang yang ekonomis yaitu seribu rupiah per batang dan rasanya yang gurih nikmat, membuat es itu menjadi favorit banyak kalangan.termasuk anak anak sd pada masa saya bahkan juga pada masa SD/SMP sahabat blogger.apalagi di cicipi pada siang hari wuihh sedapnya .
siapa yang ngak pernah coba hayo .. nyesel pastinya karena semakin banyak es krim yang lebih disukai anak-anak jaman sekarang. itulah sedikit cerita nostalgia saya bersama Es goyang atau es lilin semoga kita tetap ingat karena masa-masa kecil banyak hal-hal menarik yang jarang terulang pada masa sekarang yang memubuat kita kangen dan rindu.

2 komentar:

  1. hahaha, bener sekali sob, ni jaman saya SD akhir 90an sampe awal 2rb-an masih ada sob..

    BalasHapus